-->

Manajemen Proyek

Manajemen Proyek - Manajemen merupakan suatu kegiatan pengoordinasian suatu pekerjaan sengingga memudahkan pengerjaan agar lebih efektif dan efisen. Proses memanajemen dilakukan dengan orang lain, artinya penggerakan para bawahan oleh manajer untuk saling bekerja sama (manajer dan para anak buahnya) melakukan aktivitas pekerjaan sesuai prinsip manajemen; selanjutnya untuk proses manajemen yang dilakukan melalui orang lain menunjukkan adanya desentralisasi dan koordinasi pekerjaan dengan orang lain atau pihak lain atau unit lain sehingga pekerjaan tersebut dapat dituntaskan sesuai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Konsep manajemen sendiri muncul dari pencarian efisien dalam pengguna sumber dalam sebuah pekerjaan, bagaimana kita memananfaatkan sumber-sumber yang ada agar lebih efektif, efektif sendiri adalah melakukan suatu pekerjaan dengan baik dan benar baik itu memanfaatkan sumber daya yang ada sehingga mengurangi kesalahan daam penggunaan sumber daya itu sendiri. Adapun konsep manaemen adalah sebagai berikut:

a. Kegiatan manajemen memiliki unsur seperti kumpulan orang, kerja sama, dan tujuan yang ingin dicapai.

b. Kegiatan manajemen dapat berhasil jika didukung oleh prinsip-prinsip manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian.

c. Kegiatan manajemen dapat berhasil jika didukung oleh sumber daya manajemen mulai dari sumber daya manusia, uang, material, metode kerja yang baik, mesin.

d. Kegiatan manajemen dilakukan dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Pencapaian tujuan organisasi yang ideal adalah kombinasi terbaik dari efektif dan efisien.

Dalam mendukukng kegiatan memanajemen pekerajaan ada komponen-komponen yang dikenal dengan akronim 5 (Lima) M yaitu man, money, materials, methods, dan machines. Dari setiap komponen-komponen tersebut dapat berubah ubah derajat kepentingannya tergantung aspek mana yang dipentingkan oleh setiap organisasi dalam pencapaian tujuannya.

Proyek

Proyek merupakan bentuk pekerjaan individual atau kelompok yang bersifat sementara atau tidak permanen dan dikerjakan dalam rentang waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan, setiap proyek yang dijalankan akan mendapatkan bayaran atau upah. Proyek sendiri pun bermacam macam baik berupa proyek konstruksi maupun peroyek perangkat lunak.

Manajemen Proyek

Setelah kita mengetahui apa itu manajemen dan proyek maka demikian kiat juga dapat mengetahui apa itu manajemen proyek. Dimaksudkan dengan manajemen proyek adalah manajemen yang diterapkan pada suatu proyek untuk mencapai suatu hasil tertentu, atau, manajemen proyek adalah suatu ilmu dan seni untuk mengadakan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (directing), pengoordinasian (coordinating), dan mengadakan pengawasan (controlling) terhadap orang dan barang untuk mencapai tujuan tertentu dari suatu proyek. Dengan pengertian tersebut jelaslah bahwa semua fungsi manajemen harus dipakai untuk mengelola suatu proyek, agar tujuan yang diinginkan oleh proyek tersebut dapat tercapai dengan lancar. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya di dalam pengelolaan proyek terkandung pula ketiga unsur manajemen yaitu : 

1. ada suatu tujuan tertentu yang ingin dicapai (tujuan diadakannya proyek tersebut).
2. ada proses kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu tersebut.
3. ada (memerlukan) bantuan orang dalam proses kegiatan tersebut.


Prinsip-prinsip Manajemen Proyek 

Terdapat sepuluh prinsip manajemen proyek. Kesepuluh prinsip manajemen proyek tersebut yaitu: 
a. menggambarkan fokus suatu proyek.
b. penghargaan terhadap kegiatan produksi.
c. tercakup dalam fungsi organisasi.
d. mengikuti perubahan teknologi.
e. pengendalian dan perencanaan terhadap semua aktivitas.
f. mencakup otoritas, sumber daya, dan responsibilitas.
g. interaksi waktu, anggaran, dan kualitas kerja.
h. proses fungsi organisasi.
i. kerja sama dalam suatu tim kerja.
j. berorientasi kepada konsumen.  

0 Response to "Manajemen Proyek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel