-->

Mencari nilai terkecil dengan bahasa c

Mencari nilai terkecil dengan bahasa C - Dalam pemrograman C kita dapat melakukan atau membuat program-program dari yang kompleks sampai yang sederhana, program sederhana yang dapat kita buat dapat berupa program mencari nilai tertenu, program menghitung rata-rata,program mencari nilai terbesar, dan lain-lain .Pada pembahasan kali ini saya akan membahas sebuah program sederhana dengan bahasa C program tersebut adalah mencari nilai terkecil dengan bahasa C. Dimana pada artikel sebelumnya saya juga telah membahas program sederhana yaitu mencar nilai terbesar dengan bahasa C

Baca juga: mencari nilai maksimal dari n bilangan dengan bahasa C

 Pertama

Dalam membuat sebuah program bahasa c yang harus kita lakukan sebelumnya adalah menyiapkan sebuah kompilatornya, untuk bahasa C sediri sudah banyak tersedia kompilatornya yang dapat di download secara geratis, silahkan cari saja di google tentag kompilator bahasa C. Pada pembahasan ini kompilator yang saya gunakan adalah Code::Block, jika ingin medownloadnya silahkan klik disini.

Kedua

Jika kompilatornya sudah ada, silahkan buat project baru pada kompilatornya, untuk cara membuat project baru silahkan baca artikel saya yang sebelumnya atau klik disini untuk melihatnya.

Ketiga

pada project baru anda silahkan di copy Source code di bawah lalu pastekan di workspace project anda
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
    int a[1000];
    int i,j,n,x; 
    printf("Masukan bnayak bilangan : ");
    scanf("%d",&n);
    for(i = 1 ; i <= n; i++ ){
        printf("Masukan Angka ke-%d : ",i);
        scanf("%d",&a[i]);
    }
    j = 9999 ; 
    for (i = 1 ; i <= n ; i++){ //
        if (a[i] < j){ 
            j = a[i]; 
        } else{ 
            a[i] = j;
            x = a[i] ;
            j = x;
        }
    }
    printf("Nilai terkecila adalah : %d ",j);
    return 0;
}

Silahkan lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya
mencari nilai terkecil dengan bahasa c
Selanjutnya program mencari nilai terkecil dengan bahasa C sudah siap untuk di jalankan, tekan f9 untuk menjalankannya. Untuk contoh hasil coding di atas bisa lihat gambar dibawah.
program bahasa c mencari nilai terkecil

Penjelasan

int a[1000];
int i,j,n,x; 
printf("Masukan bnayak bilangan : ");
scanf("%d",&n);

pada bagian diatas berfungsi sebagai pendeklarasian variabel dimana a adalah variabel array yang bernilai integer dengan panjang indeks sebesar 1000dan i,j,n,x adalah variabel yang bertipe integer. Dan pada bagian di atas juga program memninta user  untuk melaukan penginputan sebuah angka, dimana angka yang dimasukan akan tersimpan kedalam variabel n.
for(i = 1 ; i <= n; i++ ){
    printf("Masukan Angka ke-%d : ",i);
    scanf("%d",&a[i]);
}


pada bagian diatas berfungsi sebagai perulangan dimana program akan mengulang dari i yang bernilai 1 sampai dengan nilai i yang kurang dari atau sama dengan nilai n yang telah di inputkan tadi. Dibagian ini juga program membaca nilai inputan dari user dan memasukan nilai tersebut kedalam variabel a yang bertipe array, fungsinya disini setiap inputan akan di tampung dalam array yang dimulai dari a[i] sampai a[i<=n] dalam arti indeks yang dibaca program adalah indeks dengan i = 1 sampai i nya sama dengan nilai n yang di inputkan di awal program,sehingga kita dapat mencari niali terkecil dari bilangan-bilangan yang diinputkan tadi.
j = 9999 ;

untuk bagian diatas program melakukan penginisialisasikan nilai j yang berniali 9999, dimana nilai tersebut akan mempermudah melakukan perbandingan dengan nilai dalam array inputan kita tadi. 
for (i = 1 ; i <= n ; i++){ //
    if (a[i] < j){ 
        j = a[i]; 
    } else{ 
        a[i] = j;
        x = a[i] ;
        j = x;
    }
}
printf("Nilai terkecila adalah : %d ",j);
return 0;

pada bagian ini program akan melakukan pengulangan untuk mencari nilai terkecil dari semua bilangan yang tersimpan dalam array tadi. Dan pada bagian ini juga program melakukan perbandingan dengan nilai j tadi, jika kondisi true dalam arti a[1] < j maka nilai j akan diganti dengan nilai a[1] dan ini akan berubah ubah jiak pada indeks selanjutnya terdapat nilai yang lebih kecil lagi. Dan jiak kondisinya false dalam arti a[1] > j maka nilai a[1] akan berubah menjadi nilai j dan nilai a[1] akan tersimpan didalam variabel x untuk menyimpan sementara dan kemudian nilai x tersebut akan dikembalikan ke j.Pada bagian terakhir program akkan menapilkan nilai terkecil dari kumpulan bilangan yang user inputkan tadi silahkan lihat gambar untuk lebih jelasnya.
mencari nilai erkecil

0 Response to "Mencari nilai terkecil dengan bahasa c"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel