-->

Mencari Nilai Rata-Rata Dengan Pascal

Mencari Nilai Rata-Rata Dengan Pascal - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat sebuah program sederhana dengan pascal. program yang kali ini akan di buat adalah mencari nilai rata-rata dari N buah bilangan. Pada kesempatan yang lalu saya telah membagikan sebuah artikel tentang Prosedur mencari rata-rata,nilai terkecil dan bunga bank dengan pascal silahkan anda baca terlebih dahlu post saya sebelumnya: Prosedur mencari rata-rata,nilai terkecil dan bunga bank dengan pascal

Pertama

Anda siapkan terlebih dahlu kompailnya , jika sudah punya siliahkan jalankan dan yang belum punya silahkan download dulu, silahkan berselancar di google. Di sini saya menggunakan Charm Pascal sebaga kompailnya. Untuk mendownloa nya silahkan klik disini, silahkan jika anda ingin mendownload kompail yang lain, tapi saya sarankan mengunakan Charm Pascal, karena lebih praktis dan mudah.

Kedua

Jalankan kompail kalian dan buat lah project baru lalu copy-kan Source Code di bawah:
var 
a : array [1..100] of integer;
i,n,x: integer;
z: real;
begin
    write('Masukan Banyak Angka Yang Akan di Jumlahkan : ');
    readln(n);
    for i:= 1 to n do 
        begin
            write('Angka ke-',i,' : ');
            readln(a[i]);
        end;
    x := 0;
    for i:=1 to n do
    begin
        x := x+a[i];
    end;
    z := x/n;
    write('Nilai Rata-rata adalah :',z:0:2);
    readln;
end.

maka hasilnya akan seperti di gambar di bawah
mencari nilai rata rata denagn pascal

Penjelasaan mencari nilai rata-rata dengan pascal

for i:= 1 to n do 
begin
    write('Angka ke-',i,' : ');
    readln(a[i]);
end;

Code diatas akan memerintahkan program melakukan perulangan sebanyak n kali, untuk contohnya saya menggunakan n=5, jadi program akan  melakukan perulngan sampai 5 kali yang dimulai dari i=1. Dan disini program akan membaca ( readln(a[i]);) angka-angka yang kita inputkn sebanyak lima kali,contoh:  4,9,5,3,9 , maka natinya program kita akan menjumlahkan secara otomatis angka yang kita inputkan.
x := 0;
for i:=1 to n do
begin
    x := x+a[i];
end;

pada code di ataslah program akan melakukan penjumlahan secara otomatis dan memasukan hasil penjumlahannya ke dalam variabel x, mengapa demikian? Karena akan lebih memudahkan kita dalam melakukan pembagian blangan.
z := x/n;
write('Nilai Rata-rata adalah :',z:0:2);
readln;

pada bagian ini program melakukan pembagian antara jumlah semua bilangan yang di inputkan (x) dan banyak angka yang di inputkan(n). Dan pada z:0:2 program akan menapilkan hasil pembagian dengan hasil 2 angka d belakang koma, agar layar tidak keluar otomatis maka tambahkan readln; di akir code sebelum end.

Terakhir

sialahkan bagkan artikel ini agar banyak orang yang tahu, jika ingin bertanya silahkan komentar di bawah, sekian artikel Mencari Nilai Rata-Rata Dengan Pascal semoga bermanfaat. Semua code diatas hanyalah sebatas kemampuan saya saja, jadi silahkan di kembangkan masing-masing, dan jika kalian mempunyai program yang sama tapi cara/algoritmanya berbeda silahkan komentarkan source code-nya. 

0 Response to "Mencari Nilai Rata-Rata Dengan Pascal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel