-->

Cara Membuat Hotspot pada Window 10 dengan Ad hoc

Pengertian Ad Hoc

Sebelum melakukan konfigurasi jaringan adhoc pada windows 10, mari kita ketahui dulu sepintas apa itu jaringan adhoc. Jaringan Adhoc adalah salah satu jenis dari jaringan wireles local area network (WLAN) yang terdiri dari sekumpulan node-node yang saling berkomunikasi satu dama lain. Setiap node pada jaringan Adhoc memiliki interface wireles. Node-node (komputer) dalam jaringan adhoc bersifat dinamis dan dapat berubah-ubah.

Pada jaringan adhoc setiap node tidak hanya berfungsi sebagai pengirim dan penerima informasi tetapi juga berfungsi sebagai pendukung jaringan seperti router. Oleh karena itu diperlukan sebuah routing protokol yang ditanamkan pada jaringan adhoc tersebut.

Karakteristik Jaringan Adhoc
Node pada jaringan adhoc tidak hanya berperan sebagai pengirim dan penerima data, namun dapat berperan sebagai penunjang node yang lainnya, misalnya mempunyai kemampuan selayaknya router. Berikut beberapa karakteristik pada jaringna Adhoc

  • Multiple wireles, setiap node mempunyai sifat mobility dapat memeiliki beberapa interface yang terhubung ke beberapa node lainnya.
  • Dynamic Topology, karena sifate node mobile, maka topologi jaringannya dapat berubah secara random/acak. Sebagai akibatnya routing protocol mempunyai masalah yang lebih kompleks dibandingkan dengan jaringan wired dengan node yang tetap.
  • Limited Resources, Seperti jaringan wireles lainnya, jaringan adhoc dibatasi oleh masalah daya dan kapasitas memori.
Setelah tau sekarang admin share cara membuat jaringan adhoc di Windows 10, karena membuat jaringan adhock di windows 10 itu tidak semudah di windows 7. Mari kita simak langkah-langkah membuat jaringan adhoc di windows 10.

Langkah-langkah Membuat Hostpot pada Window 10 dengan Ad hoc

pertama buka cmd dengan klik run as administrator, selanjutnya lakukan pengecekan driver anda apakah drivernyas support untuk ad hoc caranya ketikan perintah
netsh wlan show driver
Cara Membuat Hostpot pada Window 10 dengan Ad hoc

jika pada hosted network supported yes, maka driver anda support jaringan ad hoc.

selanjutnya ketikan perintah berikut di cmd
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namawifi key=password
untuk ssid dan key silahkan sesuaikan dengan ke inginan anda, untuk ssid tidak boleh menggunakan spasi dan untuk key nya minimal 8 karakter.
Cara Membuat Hostpot pada Window 10 dengan Ad hoc

selanjutnya ketikan perintah dibawah untuk memulai jaringan yang telah dibuat tadi, jika terdapat tulisan the hosted network started bearti jaringan sudah berahsil di jalankan.
netsh wlan start hostednetwork
Cara Membuat Hostpot pada Window 10 dengan Ad hoc

 Selanjutnya buka control panel dan plih network and sharing center dan pilih change adapter setting,sebelumnya pastikan laptop anda sudah terkoneksi dengan wifi atau modem.

selanjutnya klik kanan pada Wi-Fi kemudian klik sharing, centang pada bagian Allow other network users to connect through this computer's Internet connection kemudian klik ok. untuk lebih jelas lihat bada gambar di bawah
Cara Membuat Hostpot pada Window 10 dengan Ad hoc
pada home network connection pasitikan terisi dengan local area connection* 3 atau sesuai dengan apa yang ada di laptop anda. jika sudah bearti anda sudah bisa membuat laptop anda menjadi hotspot. Keuntungan dari hotspot ini ketika berada di tempat wifi khsus nya wifi.id anda tidak perlu membeli banyak voucher.

0 Response to "Cara Membuat Hotspot pada Window 10 dengan Ad hoc"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel